Myhafiezers

Jumat, 23 November 2012

JOHANN BERNOULLI

JOHANN BERNOULLI


            Johann Bernoulli (Basel, 27 Juli 1667 - 1 Januari 1748) ialah matematikawan Swiss. Ia adalah saudara Jakob Bernoulli, dan ayah Daniel Bernoulli dan Nicolaus II Bernoulli. Ia juga dikenal sebagai Jean atau John Bernoulli. Bernoulli mengajukan mesin gerak terus-menerus berenergi fluida. Johann lahir di Basel, putra Nikolaus Bernoulli, apotek, dan istrinya, Margaretha Schonauer dan mulai belajar kedokteran di Universitas Basel. Ayahnya diinginkan bahwa ia mempelajari bisnis sehingga ia bisa mengambil alih perdagangan rempah-rempah keluarga, namun Johann Bernoulli menyukai bisnis dan meyakinkan ayahnya untuk memungkinkan dia untuk belajar kedokteran sebagai gantinya.

            Namun, Johann Bernoulli tidak menikmati obat-obatan baik dan mulai belajar matematika di sisi dengan kakaknya Jakob. Sepanjang pendidikan Johann Bernoulli di Universitas Basel bersaudara Bernoulli bekerja sama menghabiskan banyak waktu mereka mempelajari kalkulus yang baru ditemukan. Mereka adalah di antara matematikawan pertama yang tidak hanya mempelajari dan memahami kalkulus tetapi untuk menerapkannya pada berbagai masalah. Meskipun Jakob dan Johann bekerja sama sebelum Johann lulus dari Universitas Basel, tak lama setelah ini kedua mengembangkan hubungan cemburu dan kompetitif. Johann cemburu posisi Jakob dan dua sering berusaha untuk mengalahkan satu sama lain. Setelah kecemburuan Jakob kematian Johann bergeser ke arah anaknya sendiri berbakat, Daniel.

            Pada tahun 1738 duo ayah-anak hampir bersamaan diterbitkan karya yang terpisah pada hidrodinamika. Johann Bernoulli mencoba untuk lebih diutamakan daripada anaknya dengan sengaja mendahului karyanya dua tahun sebelum anaknya. Johann menikahi Dorothea Falkner, putri seorang Alderman Basel. Dia adalah ayah dari Nicolaus II Bernoulli, Daniel Bernoulli dan Johann Bernoulli II dan paman dari Nicolaus Bernoulli I. Bernoulli bersaudara sering bekerja pada masalah yang sama, tapi tidak tanpa gesekan. Perselisihan mereka yang paling pahit yang bersangkutan menemukan persamaan untuk jalan yang diikuti oleh partikel dari satu titik ke titik lain dalam waktu singkat, jika partikel tersebut ditindaklanjuti oleh gravitasi saja, masalah awalnya dibahas oleh Galileo. Pada 1697 Jakob menawarkan hadiah bagi pemecahannya. Menerima tantangan, Johann mengusulkan sikloid, jalan suatu titik pada roda bergerak, menunjukkan pada saat yang sama hubungan kurva ini beruang ke jalan yang dijelaskan oleh sinar cahaya melewati strata kepadatan variabel. Sebuah perselisihan, berlarut-larut pahit kemudian muncul ketika Jakob menantang solusi dan mengusulkan sendiri. Perselisihan tersebut menandai asal disiplin baru, kalkulus variasi.

 Ref :

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More