Myhafiezers

Sabtu, 24 November 2012

NICOLAS LEONARD SADI CARNOT



NICOLAS LEONARD SADI CARNOT

Sadi Carnot.jpeg

Nicolas Léonard Sadi Carnot (lahir di Paris1 Juni 1796 – meninggal di Paris, 24 Agustus 1832 pada umur 36 tahun) adalah seorang fisikawan Perancis. Ayahnya adalah Lazare Nicholas Marguerite Carnot, seorang ilmuwan, perwira, dan politikus; keponakannya Marie François Sadi Carnot kelak menjadi Presiden Perancis. Ia dinamai menurut seorang penyair Persia Sa'adi.
Carnot menemukan dan merumuskan hukum kedua termodinamika dan memberikan model universal atas mesin panas, sebuah mesin, yang mengubah energi panas ke dalam bentuk energi lain, mis. energi kinetik (sekarang bernama siklus Carnot). Karyanya yang paling utama adalah "Réflexions sur la puissance motrice du feu" (Refleksi Daya Gerak Api); terbit tahun 1824. Di dalamnya termuat sejumlah asas seperti siklus Carnot, mesin panas Carnotteorema Carnot,efisiensi termodinamika, dll.
Karya Carnot diperbaharui oleh Benoit Paul Émile Clapeyron, yang melakukannya dengan menggunakan rumus matematika yang pasti, dan Rudolf Clausius, yang menyempurnakan dan menyelesaikannya.
Nicolas Sadi Carnot meninggal akibat penyakit kolera.

ref :
http://id.wikipedia.org/wiki/Nicolas_L%C3%A9onard_Sadi_Carnot

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More