Myhafiezers

Jumat, 23 November 2012

NIKOLAUS BERNOULLI


NIKOLAUS BERNOULLI



            Nikolaus Bernoulli, (6 Februari 1695, Basel, Swiss - 31 Juli 1726, St Petersburg, Rusia) adalah seorang ahli matematika Swiss seperti ayahnya Johann Bernoulli dan salah satu dari saudara-saudaranya, Daniel Bernoulli. Dia adalah salah satu ahli matematika terkemuka banyak keluarga Bernoulli. Nicolaus bekerja terutama pada kurva, persamaan diferensial, dan probabilitas. Dia adalah teman dan kontemporer dari Leonhard Euler, yang belajar di bawah ayah Nicolaus '. Dia juga memberikan kontribusi terhadap dinamika fluida. Dia adalah kakak dari Daniel Bernoulli, kepada siapa ia juga diajarkan matematika. Bahkan di masa mudanya ia telah belajar beberapa bahasa.
            Sejak usia 13, ia belajar matematika dan hukum di Universitas Basel. Tahun 1711 ia menerima gelar Master of Philosophy itu, dalam 1.715 ia menerima gelar Doktor Hukum. Pada 1716-1717 ia menjadi tutor pribadi di Venesia. Dari 1.719 ia Ketua Matematika di Universitas Padua, sebagai penerus Giovanni Poleni. Ia menjabat sebagai asisten ayahnya, di antara daerah lain, dalam korespondensi atas sengketa prioritas antara Isaac Newton dan Leibniz, dan juga dalam sengketa prioritas antara ayahnya dan matematikawan Inggris Brook Taylor. Pada 1720 dia mengajukan masalah lintasan ortogonal timbal balik, yang dimaksudkan sebagai tantangan bagi Newtonians Inggris.
            Dari 1.723 ia adalah seorang profesor hukum di Berner Oberen Schule. Pada 1725 ia bersama dengan saudaranya Daniel, dengan siapa ia sedang tur Italia dan Perancis saat ini, diundang oleh Peter the Great ke St Petersburg yang baru didirikan Academy. Delapan bulan setelah pengangkatannya ia turun dengan demam dan meninggal. Guru nya digantikan pada tahun 1727 oleh Leonhard Euler, siapa saudara Bernoulli telah direkomendasikan. Kematian dini dipotong pendek karir yang menjanjikan.

Ref:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More