Myhafiezers

Sabtu, 24 November 2012

WILEBRORD SNELLIUS



WILEBRORD SNELLIUS


Wilebrord Snell lahir tahun 1580 di LeidenNetherlands dan meninggal pada tanggal 30 Oktober 1626,dia juga dikenal dengan sebutan Snell van Royen atau Snellius. Dia merupakan seorang ahli astronomi dan matematika Belanda, beliau sangat terkanal dengan hukum pembiasan yang dikenal Hukum Snellius.
Gb 1.1 Willebrod SnelliusSnell meneruskan ayahnya Rudolph Snell (1546-1613) sebagai professor matematika di universitas Leiden. Pada tahun 1615 dia merencanakan dan mempraktekkan metode baru untuk menghitung radius bumi, dengan menentukan jarak dari satu titik pada permukaan bumi dari garis lintang parallel dari yang lain, dengan triangulasi.
Hasil kerjanya disebut Eratosthenes Batavus “Erastotenes Belanda”, (Gb 1.2) di publikasikan di tahun 1617, menerangkan metode dan memberikan hasil perhitungan antara Alkamaar danBergen op Zoom, dua kota yang dipisahkan oleh satu derajat meridian, yang beliau ukur dan hitung menjadi 117,449 yard (107.395 km). jarak sebenarnya adalah 111 km. Snellius juga matematikawan terkenal, mengolah metode baru mencari π .
Beliau juga mengungkap hukum pembiasan yang dinamai olehnya pada tahun 1621.
          Willebrod Snellius menemukan hubungan antara sinar datang dan sinar bias yang kemudian dikenal dengan hukum Snellius, yaitu:
1) Sinar datang, garis normal, dan sinar bias terletak pada satu bidang datar.
2) Perbandingan proyeksi sinar datang dan sinar bias pada bidang batas antara dua medium merupakan bilangan tetap. Bilangan tetap itu didefinisikan sebagai indeks bias.

Ref :
http://willebrod-snellius.blogspot.com/





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More